Breaking News
Loading...
Saturday, September 29, 2012

Setting ADSL + TP-Link TL-MR3420 3G Router Point to Point

8:37 PM


hallo sobat blogger, posting pertama ane ingin ngeshare gimana cara setting Modem ADSL + cara setting TP-Link TL-MR3420 3G Router menjadi Access Point (AP) yg bisa dihubungkan ke TP-Link Router Wireless yg typenya sama (point to point).

Begini ceritanya ane dikasih kepercayaan utk mengurus jaringan Lab Komputer ditempat ane kerja dan bisa menghubungkan Router (AP) yg di lab bisa ke TU (tata usaha) yg jaraknya dari lab kira2 100Meter, namun dengan sinyal TP-Link Router Wireless tidak mampu menjangkau ke TU hingga 100Meter.. aduh gimana caranya nih, padahal ane gak pernah tau caranya buat Point to point ( 1 router di lab dihubungkan ke 1 rauter lg di TU).. akhirnya ane coba-coba beli satu lagi TP-Link Router Wireless yg sama, karena disitu ada keterangan bisa memperluas jaringan (Fitur WDS wireless bridges untuk memperluas jaringan wireless pengguna.).


Nah mari kita mulai cara setting dari tahap awal, mulai setting Modem ADSL (TP-Link), Lalu Router 1 (Lab) dan Router 2 (TU) dengan Merk dan Type Router seperti yg diatas.
Setting Modem ADSL (TP-Link) :

  1. Pasang Modem ADSL kita dan hidupkan, Pasang RJ45 bawaan dari kotaknya dan pasangkan ke Modem ADSLnya dan PC/laptop kita.
  2. Buka Browser (mozilla atau Chrome) di PC / laptop kita, lalu di Adress Bar nya ketikkan 192.168.1.1 ( IP Default dari Modem), mucul jendela Password.. Masukkan : Username : admin, dan  Password : admin.
  3. Pilih menu Quick Start - Run Wizard - Next - Pilih Time Zone (Jakarta) - Next

4. Pilih Time Zone (Jakarta) - Next - pilih ISP Connection Type "Bridge Mode" - Next

5. Tentukan Bridge Mode : VPI = 8, VPC = 81 - Next - Hingga Finish
Untuk setting Modem ADSL telah selesai. :)


Setting TP-Link TL-MR3420 3G Router 1 (Lab Komputer)
  1. Pastikan RJ45 yg dari "modem ke PC" ubah menjadi "Modem Ke Router lubang port WAN", dan pasang RJ45 dari "Router lubang Port LAN ke PC" kita. (Port LAN untuk jaringan komputer di lab)
  2. Lalu Ketikkan alamat 192.168.1.1  kembali di address bar pd browser kita. masukkan Username : admin. dan Password : admin (ini wajib diganti jika selesai, agar tidak sembarang org bisa mengakses router kita)
  3. Lalu pilih menu "Quick Start" - Run Wizard - pilih WAN - masukkan username : id-speedy-anda@telkom.net. dan password : password yg didapat dari telkom (biasanya kumpulan huruf dan angka) - Next
  4. Buat nama untuk Router 1, mis : "labkomku" Pilih type keamanannya WPA-PSK/WPA2-PSK dan ketikkan Passwordnya cth : labkom (biar gak sembarang org bisa menikmati akses internet anda) - next - Finish, dan lepas RJ45 yg dari "Router 1 ke PC" kita
  5. Silahkan test menggunakan laptop yg ada Wifi-nya, dan masukkan password labkom tadi. jika terkoneksi berarti sudah selesai.. Selamat router 1 sudah berhasil :)

Setting TP-Link TL-MR3420 3G Router 2 (TU-Tata Usaha)
  1. sekarang kita akan setting dan menghubungkan Router 2 ke Router 1 yg akan kita letakkan di TU.
  2. pasang RJ45, dari "Router 2 lubang port LAN ke PC" kita  (Port LAN untuk jaringan komputer di TU)
  3. Lalu Ketikkan alamat 192.168.1.1  kembali di address bar pd browser kita. masukkan Username : admin. dan Password : admin (ini wajib diganti jika selesai, agar tidak sembarang org bisa mengakses router kita)
  4. sekarang kita ganti IP default 192.168.1.1 menjadi 192.168.10.1 (biar tidak konflik dgn router 1) di Network. restart router 2
  5. Lalu Ketikkan kembali alamat 192.168.10.1  kembali di address bar pd browser kita. masukkan Username : admin. dan Password : admin (ini wajib diganti jika selesai, agar tidak sembarang org bisa mengakses router kita)
  6. Lalu Setting DHCP menjadi disable (biar mengikut pd settingan router 1 karena ini hanya sebagai jembatan saja utk memperluas jaringan)
  7. Lalu pilih Wireless - Buat nama untuk untuk Router 2, mis : "TU-ku", lalu
  8. Pilih WDS - cari sinyal Wifi router 1 (pastikan router 1 dalam keadaan hidup), jika sudah ketemu nama Router 1 "labkomku" - pilih connect - masukkan password akses internet router 1 (labkom) - save, restart Router anda
  9. lepas RJ45 yg dari  "Router 2 lubang port LAN ke PC" kita
  10. sekarang saatnya kita test menghubungkan Wifi laptop kita ke Router 2 (Tu-ku). jika sudah bisa konek dan bisa browsing internet, berarti anda sudah berhasil memperluas jaringan anda.. selamat :D

Selamat berkreasi sobat.. semoga bermanfaat ;)
Newer Post
Previous
This is the last post.

98 komentar :

  1. klo nghubungin ke MikrotikOS gmn om?

    topologi : 3G > MikrotikOS > MR3420 > Client

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas irfan, untuk setting Mikrotiknya sy tidak bisa.. :)

      tp coba aja pake topologi : 3g > MR3420 > Client.. karena sepengetahuan sy untuk Router MR3420 sudah include utk setting Bandwith - Anti Arp/Anti Flood - Parental Control juga ada.. sy kira tidak perlu pakai mikrotik lg.. :)

      Delete
  2. Informasi yg Bermutu! Thanx ya , Gbu :)

    ReplyDelete
  3. Tutorialnya sngat mbantu saya. thanx, Boleh minta kontaknya (YM), lagi perlu banget nie, mo konsultasi dulu, Urgent plz!, Gbu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf bro, ane kgk punya YM.. untuk konsultasi bisa ke FB ane aja disini bro https://www.facebook.com/HaWe.AnakBinjai

      thx atas kunjungannya :)

      Delete
  4. Haloo,
    yg punya Blog ini, Bisa konsultasi OnLine gak?? Plizzz
    Kalo bisa skarang OLinenya, ada yg mau saya tanya2 nie Soal Konfigurasi Router di atas,
    Tolongk kabarin ya,

    Thanx B4, Gbu :)

    -DJ-

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk konsultasi bisa ke FB ane aja, mungkin sy bisa bantu.. disini bro https://www.facebook.com/HaWe.AnakBinjai

      thz atas kunjungannya n GBU 2 :)

      Delete
  5. sob.minta bantuannya dong, cara setting tp-ling menggunakan laptop dan modem gimana sih. thank,s

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dijelaskan lagi, TP-Link nya itu jenis Modem Adsl atau Router Wifi nih mas Idrus ??

      Kalo cuma Modem Adsl, caranya sama sperti yg diatas "Setting Modem ADSL (TP-Link) ", hanya pada point No.4 pilih PPPoE/PPPoA - No.5 sama - selanjutnya akan diminta Username = no.speedyanda@telkomnet, dan password = (password yg dikasih oleh telkom) - next hingga selesai.. ( jika bisa koneksi internet biasanya lampu indikator Internet akan menyala)... silahkan mas Idrus test surfing Internet..
      semoga membantu :)

      Delete
  6. saya punya AP TP-Link TL-WR841ND dan modem CDMA. bisakah AP tersebut dijadikan hotspot bagi modem CDMA via PC biar bisa agak luas. kalo pake USB wireless adapter jangkauannya sempit sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas khairul, bila koneksinya memakai CDMA (misalkan smartfren) maka anda hanya mensetting hanya pada bagian
      "Setting TP-Link TL-MR3420 3G Router 1 (Lab Komputer)"
      Point No.1 dan 2 sama, dan pada point No.3
      Lalu pilih menu "Quick Start" - Run Wizard - pilih 3G/auto - masukkan username : (sama seperti dkonfigurasi Modem CDMA). dan password : (sama seperti dikonfigurasi Modem CDMA) - Next, selanjutnya point No.4-5 sama..Semoga membantu

      Delete
    2. Bos ha we tolong add fb saya purmaana22@gmail.com, fb anda sari cari2 tdak ketemu

      Delete
  7. Gan mo nanya , kl udah sampe langkah 5 (setting ADSL) trus kita coba browsing apa emang gak bisa? Thanx GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emang gak bisa bro, Setting Adsl yg diatas hanya sebagai jembatan, untuk koneksi internetnya lewat TP-Link TL-MR3420, makanya untuk seting username dan password juga lewat TP-Link TL-MR3420.

      tp bila mas agan hanya menggunakan Adsl saja tanpa Wifi TP-Link TL-MR3420, maka pada point No.4 diganti menjadi PPPoE/PPPoA - No.5 sama - Next, dan setelah itu akan diminta Username dan Password (Username : nomorspeedy@telkom.net, dan password : password yg dikasih oleh telkom) - Next - Finish. nah sekarang mas agan baru bisa browsing,.. semoga membantu :)

      Delete
  8. om nanya,ane mau konek ke pake wifi trus wifi ya pake password, tapi pas di ketik kok ga bisa?padahal password ya dah bener?sekali ya masuk da pesan di wifi ya "settings saved do not match requirements of network" itu kenapa om...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin di setelan DHCP pada router Wifinya, pastikan "enable", dan juga pastikan di Laptop mas eksho, setingan TCP/IP nya pilih "Automatic".. semoga membantu :)

      Delete
    2. Cara setting ya gimana om mohon pencerahannya....

      Delete
    3. untuk setel DHCP nya, ketikkan 192.168.1.1 di URL address browser, masukkan username dan passwordnya - masuk Wireless - pilih DHCP - Pilih "Enable"

      untuk setel TCP/IP nya, klik kanan ikon gambar komputer kecil di systray - pilih Status - Properties - di Tab General pilih TCP/IP - Properties - Pilih "obtain an IP address automatically" dan "obtain dns server address automatically"

      Delete
    4. Settingan DHCP seperti yg om kasih tau tapi kok tetep ga bisa konek ya?di masukin password mental trus om...ane pake tp-link TL-WN321G...tapi yg lain ya bisa...apa karena OS y...???

      Delete
    5. Om...ternyata cm di instal ulang driver tp-link ya.....

      Delete
    6. ooow.. hehe, jadi udah bisalah ya.. ??.. :D

      Delete
  9. berapa jarak jangkaun dari router ini ?? klo antena diganti pake omni, yang sebelah mana yg dipasang kan ada 2. klo di pasang 1 omni yg satunya tetap terpasang apa dilepas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarak jangkauan sekitar radius 80-100M, bila Antena bawakannya mau diganti pakai Omni spertinya tidak ada masalah bila salah satu aja yg dipasang, karena kekuatan signal yg dipancarkan berbeda band 2,4-2,5 GHz dan beroperasi dengan 12dBi omni-directional.. keterangannya disini mas http://tp-link.electronicglobal.com/antenna-tplink/harga-tp-link-ANT2412D

      Delete
  10. bang aq punya 2 router yang berbeda TP-LINK MR 3420 dan CISCO ... itu bisa disambungin ap gak yaaa...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas, yang kita setting supaya bisa nyambung, di TP-link nya aja.. dan settingannya lihat di "Setting TP-Link TL-MR3420 3G Router 2 (TU-Tata Usaha)" diatas... dan cisco nya kita buat menjadi router yg ke modem Internetnya,.. semoga membantu :)

      Delete
  11. Saya punya ADSL Speedy dan TL-MR3420 tanpa menggunakan modem USB karena hanya ingin sinyal wifi lebih kuat untuk akses tablet dan phablet android saya. Yang jadi masalah adalah DNS sering putus,lepas atau hilang dan selalu mesti quick setup2 lagi. Bagaimana membuat settingan ADSL dan TL-MR3420 permanen agar akses wifi selalu ada. Thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikutin langkah "Setting Modem ADSL (TP-Link)" setelah itu ikutin langkah "Setting TP-Link TL-MR3420 3G Router 1 (Lab Komputer)" semoga membantu :)

      Delete
  12. malam Om,,,
    nanya dong Om,,,
    gimana caranya biar ADSL n TP-Link, 22nya bisa bwat Hotspot-an n ada Internet Acces nya,,,
    bisa gak y??? harusnya c bisa....
    tpi aq coba2 g bsa2 deh,,, :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo Modem ADSL nya pake mode "Bridge" ya gak bisa gan, Wifinya yg berfungsi cuma di TL-MR3420 nya aja :)

      Delete
    2. jadi pengaturan wireless di ADSL harus dimatikan yah gan?

      Delete
    3. iya, Wifinya gak berfungsi lagi, karena kita gunakan Mode 'BRIDGE" .. :D

      Delete
  13. slmat siang mas klo mr 3420 pke usb trus di sambungin ke hub buat warnet apa ngk bisa ya?? kok aku nyoba ngk berhasil2...urutanya skrang usb modem>>tplink mr3420>>hub warnet>>client....aku nyoba kok ngk bisa2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pake USB gunakan Pilihan "Setting TP-Link TL-MR3420 3G Router 1 (Lab Komputer)" dan pada Point 3. Lalu pilih menu "Quick Start" - Run Wizard - pilih 3G - masukkan username : smartfren dan password : smartfren (cth bila menggunakan modem Smartfern) - Next.
      dan Setingan Clientnya gunakan IP nya 192.168.1.2/100 Gateway nya 192.168.1.1
      semoga membantu :)

      Delete
  14. boleh minta drivernya gak,,, soalnya punya ane hilang cd instalnya,, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu CD driver, colok ke LAN port dan settingnya lewat Browser :)

      Delete
  15. mau nanya nih gan ^_^
    gini saya punya ADSL + TP-LINK TL-MR3420, bisa gak di koneksikan secara nirkabel gitu gan (tanpa menggunakan kabel UTP dari ADSL ke TP-LINK)?? kalo bisa, cara settingnya itu gimana gan, soalnya ADSL skrng terpasang di lantai 3 trus rencananya TP-LINK td pengen dipasang di lantai 2 yang kira2 berjarak sekitar 30 meter ???
    makasih sebelumnya gan ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas Amri, asalkan ADSL nya udah ada wifinya.. jadi seting ADSL nya biasa aja pake type PPPoE/PPPoA - Next - Masukan username dan password dari speedy - Next- buatkan nama SSID utk nama dan password Wifinya - Next hingga selesai.

      dan untuk seting TL-MR3420 ikutin langkah pada point "Setting TP-Link TL-MR3420 3G Router 2 (TU-Tata Usaha)"

      semoga membantu mas Amri :D

      Delete
  16. gan mau nanya pada point ke 2 saya udah ketik 192.168.1.1 tetapi gk bisa
    "problem loading page" /The connection has timed outThe connection has timed out / The server at 192.168.1.1 is taking too long to respond.

    saya ada modem AHA dan TPLINK router.
    type nya TPLINK TL-WA500G

    mohon bantuannya gan pada point ke 2 gk bisa'' ?






    ReplyDelete
    Replies
    1. bila menggunakan AHA USB tidak bisa dicolokan di TL-WA500G, karena di router WA500G tidak tersedia Port USB nya sob,

      utk settingnya melalui browser;
      pastikan kabel RJ45 di pasangkan dari port LAN TL-WA500G ke Lan PC kita - hidupkan routernya - baru masukan alamat 192.168.1.1 di URL adresss pada Browser mozilla/google chrome.. semoga membantu :)

      Delete
    2. iya d routernya gk ada colokan USB'a, kirain tetep bisa juga ..
      ok thx bro...

      Delete
  17. sekedar info saja ni sesuai pengalaman saya juga, di rumah pake TL-MR 3420 di lantai 2, utk memperpanjang WIFInya ke lantai 1 saya menggunakan HAME A1 (kebetulan alat ini berfungsi jg sbg repeater), simple bgt settingnya klo d TL-MR 3420 saya pake modem Huawei E173, sedangkan HAME A1 tidak pakai modem tetapi dikoneksikan ke TL-MR 3420 melalui WAN dengan setting WIFI, tinggal masukkan password untuk koneksi ke TL-MR 3420 & setelah tampil tinggal apply serta tidak perlu kabel LAN yg dicolok ke PC pada saat setting HAME A1nya karena bisa disetting melalui WIFI yang dimiliki HAME A1, simple ga pake ribet.. semoga info ini bermanfaat...

    ReplyDelete
  18. gan mau tanya bisa gk ,klo kita gk punya TP-link tapi hnya make modem untuk buka /masuk doank aja ke link 192.168.1.1?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pake Modem Adsl bisa sob, colokan kabel RJ45 dari Port Wan Modem ke port LAN PC kita.. buka browser, ketikan 192.168.1.1

      Delete
  19. Gan ane add fb ente. Nice infonya ane jg kebingungan ini. Kalo dari modem wifi dri speedy cmn user and passwordnya universal jadi kita ga tau usernya gan, mau di hubungin ke wifi 3420 gmn caranya. Udah di wds mode, dri router 1 bsa buka router 2. Cmn dri router 2 ane ga bsa ping ke router speedy. Alhasil ga connect inet jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan ane lupa modem speedy yg ane maksud udh include adsl di dlmnya jadi bingung. Model 8151N 150mbps apakah bisa di join dengan 3420? Kalo bsa mohon bantuan. Di fb ataupun dimari.

      Delete
    2. bisa sob, seting dulu adsl W8151N nya hingga bisa koneksi internet dan aktifkan wifinya, lalu untuk mr3420 nya ikutin langkah "Setting TP-Link TL-MR3420 3G Router 2 (TU-Tata Usaha)" dan disamakan channelnya.. misalkan di wifi adsl channel 8 di router mr3420 juga channel 8.. semoga membantu :)

      Delete
  20. gan ane dah lakukan langkah2 sesuai dengan cara diatas.tapi pas nyampai Setting TP-Link TL-MR3420 3G Router 1 (Lab Komputer). Router 1 masih belum bisa konek ke modem adls.masih belum bisa koneksi internet itu kenapa,..dhcp modem adsl enable.sedangkan untuk TP-Link TL-MR3420 3G Router dhcp disabled.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan seting koneksi Adsl nya menjadi BRIDGE - dan pastikan Port LAN dari ADSL ke port WAN di Router Lab-ku, usernama dan passwordnya pastikan juga udah di masukan di router labku.

      Delete
  21. salam,om tulung pencerahannya dunk
    dirumah ada 2 modem router tplink td-w8151n dan switch tp link tl-sf1008m nah sy pasang modem A dilantai dua dan modem B di lantai bawah bersama dgn switchnya, modem yg terhubung dgn line telp/speedy modem A,sekarang dilantai dua bisa internetan secara wireless via modem A, sedangkan lantai bawah via switch yang ambil dr port lan modem A msk ke port di switch, namun sy ingin di lantai bawah bisa jg wireless dgn memanfaatkan modem B, karena sinyal wifi modem A gak bisa nyampai dengan bagus di lantai bawah , kira-kira gimana tuh caranya om…???
    terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sy belum pernah coba pake TD-W8121N, tp dari yg sy lihat dari fiturnya mempunyai fitur WDS juga buat memperluas jaringan.. coba masuk aja kerouternya sob.. masukan di fitur WDS nya MAC Address Router (yg dilantai 2) dan masukan juga passwordnya.. mungkin berhasil.. :D

      Delete
  22. lha kok jadinya gini om.,.... @-)

    http://prntscr.com/22qihw

    ReplyDelete
  23. padahal langkah2nya uda bener sesuai petunjuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan ADSL nya di Bridge dan Router 1 terkoneksi seperti contoh diatas.. dan bila internetnya berhasil terkoneksi baru hubungkan ke Router 2 dgn cara di Seting "router TU"

      Delete
    2. ane pake mode bridge malah ASDL nya g mau konek bro... ada solusi ga?? :-?

      Delete
  24. Gan, sorry mau tanya nih. kalo modem adsl-nya W8951ND kan wired dan wireless tuh. SSID wifinya misalkan LABCOM, nah ane pengen perpanjang sinyal wirelessnya pake tambahan TP-Link MR3420. Tapi SSID-nya sama dengan si modem adsl-nya yaitu LABCOM. Gimana caranya ya? Tapi ane maunya pake Kabel menghubungkan Modem ke TP-Link MR3420. Biar lebih stabil gitu. Nyoba pake fitur WDS malah sering Loss data. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ADSL W8951ND dibuat BRIDGE aja seperti Seting ADSL diatas, setelah itu colokan Kabel LAN dari Port LAN ADSL ke port WAN di MR3420.. nah di situ baru kita pilih PPPoe dan masukan Username dan Passwordnya.. maka MR3420 yang akan membagi koneksi Internetnya bisa ke jaringan LAN sekaligus Wifi :)

      Delete
  25. gan mau tanya,, kenapa klo modem huawei (AHA) di colok ke TP link mr3420 kecepatan yang kita dapet lebih lambat dari pada modem langsung colok ke PC?

    apa ada settingan yang harus di benerin?

    ReplyDelete
  26. mantap koneksi internet y jadi stabil,, apa lg kebetulan aja yach... muda mudahan dech lancar terus

    ReplyDelete
  27. mas kalo wireless modem router TD-W8151N sudah setting pake PPPoE/PPPoA trs kabel rj45 colok ke access point TL-WA701ND langsung bisa kn mas ya apa perlu atur2 lage?

    sory newbie

    ReplyDelete
  28. mas kalo TP-Link TL-MR3420 3G Router nya diganti dengan d-link dir 600l gmana cara setingnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja, ADSL nya dijadikan Bridge dan utk setting koneksi internetnya di Router D-Linknya

      Delete
  29. mas,itu modem adsl dan tplink 3420 ipnya kan sama apakah tidak konplik ? tq mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak mas, karena ADSL kita buat BRIDGE.. jd pengaturan utk koneksi internetnya di router 3420 nya

      Delete
  30. mas saya mau input dua modem usb 3g dan adsl speedy setingan di 3420 nya bagaimana mas ? tq mas Ha We atas pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma bisa 1 mas.. setting WAN di router 3420-nya cuma berlaku utk satu koneksi Internet aja.

      Delete
    2. bila untuk usb 3g, seting WAN pilih dr koneksi 3G.. baru masukan username dan passwordnya disitu :)

      Delete
  31. Mas, tolong dong panduan instalasi MR3420 sama modem ceria EVDO Zte AC5710.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicolokan dulu buk modem cerianya ke USB port mr3420, lalu ikutin seting pada "Setting TP-Link TL-MR3420 3G Router 1 (Lab Komputer)" dan pd poin no.3 yg "Pilih WAN" di ganti menjadi "Pilih 3G" - Next - masukkan username : internet dan password : ceria, - Next - lanjutkan ke poin berikutnya.. semoga berhasil buk

      Delete
  32. Untuk setingan DHCP servernya disable atau enable mas,saya lihat langsung enable dan address lease time nya 120 menit.apa ini penyebab sering DC ? The Address Lease Time adalah lamanya waktu pengguna jaringan akan diizinkan untuk tetap terhubung ke perangkat, tq mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. enable aja mas yg router 1 (lab), yg disable yg router 2 (TU)

      Delete
  33. mas , saya mau coba cara ini untuk topologi seperti ini kira"

    modem adsl -> wireless router + LAN 4 port -> Wifi dan LAN

    apakah bisa menggunakan settingan di atas? (modem adsl hanya untuk koneksi , lalu wireless router untuk menyebar baik melalui wi-fi maupun LAN)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cuma utk satu gedung tidak buat Point to Point, lebih bagus begini sob lebih murah. ADSL -> Wireless Router/Wifi -> Switch/Hub -> LAN

      Delete
  34. hallo,

    Bagaimana setting di MR-3420 ini untuk non aktifkan wirelessnya, karena saya mau pakai kabel ethernet saja. Kenapa saya non aktifkan, karena signal wireless tidak bagus untuk kesehatan.

    apakah pernah setting network kabel di minix neo x7 ?
    karena dengan kabel ethernet, tidak mendapatkan ip address, ketika saya sambungkan ke firstmedia (fastnet). Mohon bantuannya, jika mengetahui....

    Salam
    Tjandra

    ReplyDelete
    Replies
    1. utk non aktifkan wifinya, pada setingan wireless setting > hilangkan ceklist " Enable Wireless Router Radio" dan " Enable SSID Broadcast"

      Delete
    2. Thanks banget Pak....
      Salam
      Tjandra

      Delete
  35. tenkyu gan ,, banyak belajar dri ente nih ane.. :)

    salam kenal : )

    ReplyDelete
  36. Bos, mau tanya saya baru beli tp-link tl-mr3420 tapi waktu dinyalakan dan coba koneksi pake wifi kok minta password y, padahal belum dikasih password, dan dicoba pake "admin" juga gk bisa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. koneksi utk seting routernya gunakan kabel UTP bawakannya di colokan dari LAN port MR3420 ke LAN port KOmputer kita, baru masuk melalau browser mozilla/chrome ketikan 192.168.1.1 / 192.168.0.1, username :"admin" dan pasword :"admin"

      Delete
  37. Mas, apakah setting point-to-point ini juga bisa diterapkan di TL-MR3420 V.2? Terima Kasih :)

    ReplyDelete
  38. Mau nanya nch gan...?
    untuk membatasi pemakaian internet terhadap client misalnya kalau lebih dari 1 jam, maka internetnya putus dengan sendirinya atau pemakaian lebih dari 100 Mb maka internet akan terputus dengan sendirinya,,,
    naah gan, itu gimana settingannya?
    thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo seperti itu belum pernah coba sob, tp yg coba blok situs melalui access control, bisa diseting dr jam brp ke jam brp aja bisa akses situs-situs yg kita blok :)

      Delete
  39. gan ane mo tanya giman cara setting modemny kembali standar kan ceritanya modem di kantor pke mikrotik tpi jadinya lelet banget jdnya mo di balikkin k modem wifi aja cu kmrn tak cabut mikrotiknya malah errorr smua. gmn ya gan cr settingnya?

    ReplyDelete
  40. boss, apa wifi 3420 bisa di gunakan dengan speedy yg menggunakan hap, mohon petunjuk penggunaannya, matur nuwun

    ReplyDelete
  41. Gan mohon pencerahan newbie:
    Tools yg sya punya:
    1.adsl speedy, settingan standar quick setting, lan n wifi internet aktif
    2.antena yogi outdoor tl-ant2414a
    3.tl mr3420
    Kebutuhan saya :
    Repeter modem adsl speedy akses internet, dengan tl mr3420, bisa tdk modem adsl tetap bisa wifi internet, dan tl mr3420 juga bisa pancarkan wifi internet dari adsl speddy. Mohon dibantu sebelumnys terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ADSL bisa tetap diaktifkan wifinya.. namun caranya setting di ADSL nya tetap PPPOe (jangan Bridge Mode), setting koneksi internetnya di ADSL tersebut, pastikan bisa untuk berselancar melalui wifi ADSL nya...
      selanjutnya dari ADSL ke Router MR3420... pake kabel LAN bawakannya (straight) - masukan ke Port LAN ADSL ke Port LAN Router MR3420 (jgn port WAN), selanjutnya setting routernya untuk membagi melalui wifi settingnya... selesai, wifi ADSL aktif dan Wifi Ruter juga aktif :)

      Delete
    2. Gan rencananya wifi hotspot adsl bawaan speedy tersebut fungsinya tetap bisa digunakan disalon , dan mr3420 mengambil wifi hotspot dari salon tersebut untuk sya gunkan dirumah ( tdk pke kabel, tpi wirelessnya) krn dr salon k rumah saya beda 2 rmh.

      Delete
    3. Gan itu skemanya pke kabel lan y dlm operasinya? Jika pke wifi bisa di setting g? Krn mr3420nya buat dirumah, adsl buat disalon beda 2 rmh..tarik kabel repot diomelin tetangga he2x mohon pencerahan. Thx

      Delete
    4. sudah pernah sy coba koneksikan internetnya melalui wifi (fitur WDS) dan hasil tidak bisa.. jalan satu2nya ya belikan 1 lagi MR3420 nya, gunakan cara kabel LAN dari ADSL ke MR3420 (letakan disalon).. MR3420 yg 1 lagi (dirumah agan) aktifkan fitur WDS nya, koneksikan ke Wifi MR3420 yg disalon tadi. :)

      Delete
    5. terimakasih gan , memang saya jg coba gagal terus, jadi memang butuh acces point (alat lagi), skemanya begini gan, : 1.wifi adsl bawaan speedy (salon) sudah aktif internet, karena saya penasaran dengan semangat 45 , bli acces point pt link wa701nd. 2. dengan antena outdoor yagi tl ant 2414 a saya connect ke acces point tl wa701nd dirumah. 3.kemudian saya tembak wifi adsl speedy salon, dan saya setting repeter universal dengan tl wa 701nd, nah akhirnya saya sudah berhasil menikmati internet dirumah, hnya apakah tl mr3420 mau saya jadikan penguat wifi daripada ngangur, dikonek dengan kabel lan ke acces point tl wa 701nd yang sudah bisa internet, bagaimana settingan nya gan? mohon pencerahan , sebelumnya terimakasih banyak

      Delete
  42. Ane tanya dong kalau ruter tdk bisa connet lebih dari 12 itu solusi ya gi mna sof ,, mohon bantuan ya dong

    ReplyDelete

 
Toggle Footer