Breaking News
Loading...
Saturday, January 11, 2014

Membuat server web sendiri dengan Modem adsl speedy

8:04 PM
kemajuan dunia informasi sekarang ini sangat luar biasa. dunia internet bukan saja dijadikan tempat untuk mencari ilmu pengetahuan ataupun teman. banyak pengembang web dan juga para blogger telah menjadi bagian dalam menyebarkan informasi yang bermanfaat bagi pengguna internet diseluruh dunia.

dari sekian pengembang web banyak yang menyewa tempat hosting untuk meletakan website di hosting free (gratis)  dan berbayar namun banyak pula yg dikeluhkan dari pelayanan hosting yang di tawarkan tidak sebanding dengan pelayanannya, termasuk saya.

disini saya akan berbagi bagaimana membuat server web sendiri dengan perangkat komputer yang kita miliki, tentunya ini butuh modal yang lumayan.. hehe, tp gak papa deh sob buat pembelajaran dan nambah2 pengetahuan.


Perlengkapan yang harus dimiliki sebagai berikut;
1.) Perangkat komputer minimal Dual core - RAM >1Ghz
2.) koneksi internet dengan koneksi modem adsl speedy unlimited (paket >=1mbps disarankan)
3.) Aplikasi Xampp
4.) domain (optional)

ok, kita mulai aja langkah-langkah untuk membuat server sendiri dengan perangkat yg sudah sy sebutkan diatas.
1.) pastikan sobat sudah menghidupkan Modem Adsl dan terkoneksi ke internet.
2.) masuklah ke router modem melalui Browser misalkan mozilla. ketikkan IP modem sobat di URL address : 192.168.1.1
3.) lalu masukan username dan passwordnya ( bawakannya : user = admin, pass = admin)
4.) bila sudah masuk, pilih menu Advance Setup - NAT - Virtual server - lalu tentukan;
Rule index = 1 (pilhan urutan)
Aplication = HTTP_Server (untuk server web)
Protocol = All
Start port = 80 (port web)
end port = 80 (port web)
Local IP = 192.168.x.x (sesuaikan dgn IP Komputer yg sobat gunakan sebagai server)
Lalu Save, untuk menyimpan pengaturan
*** Lihat gambar


5.) selanjutnya, pastikan sobat sudah punya Xampp dan terinstall di PC sobat dan jalankan Xampp start dan Xampp control - aktifkan Apache dan SQL nya , jika sobat belum punya Xampp.. silahkan download disini (utk cara install Xampp di PC silahkan tanya mbah google ya sob)
6.) Jalankan localhost atau 127.0.0.1 di URL address di browser sobat (mis : mozilla/chrome), ** lihat gambar

7.) jika localhost sudah aktif berjalan, selanjutnya sobat cek IP publik sobat di myipaddress.com, lalu copas IP sobat dan ganti URL localhost.dgn IP publik sobat tadi. dan pastikan sobat sudah install Website sobat di direktori htdocs, maka website sobat akan tampil di browser (lihat gambar)

 jika bisa berjalan.. berarti sobat sudah berhasil membuat server sendiri di PC sobat dan bisa diakses oleh semua orang melalui koneksi internet.. selamat ya sob :D

8.) untuk membuat server telah selesai. :D

Setting Domain :
dengan langkah diatas sobat telah membuat server sendiri namun masih menggunakan alamat IP untuk mengaksesnya.. nah bagaimana bila kita ingin membuat IP publik menjadi nama Domain sendiri seperti www.domainsobat.com. ?.. gampang sob.. kita tinggal beli domain atau bila sobat sudah punya domain sendiri tinggal setting di domain manager kita, berikut setingnya (lihat gambar)  :

setelah sobat selesai seting domain. tunggu hingga di resolve oleh server domain sobat, biasanya 1x24 jam
selesai. sekarang sobat sudah punya server sendiri dengan domain yang keren.. :)

Tambahan :
untuk bisa langsung mengakses file website kita di localhost/server sendiri, kita harus seting index.php pada direktoti c:/xampp/httdocs/index.php - edit index.php di notepad.. berikut setingnya (lihat gambar)

ok. sobat semoga bermanfaat.. keep spirit & keep smile :)

21 komentar :

  1. kalo nambahin sub domain nya gimana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Setting Domain, pada Host "@" di ganti menjadi nama "subdomain" :)

      Delete
  2. maaf mas sy punya modem di setting bridge yg ter koneksi ke mikrotik. masih bisa gak dengan cara di atas untuk setting modemnya. untuk jawabannya mohon di inbox aja ke FB ya mas. www.fb.com/wadas1978

    ReplyDelete
  3. Kalo komputernya mati, berarti websitenya down yah gan?
    btw klo modem lain bisa gak??

    ReplyDelete
  4. Wah ! Hebat ! user masih boleh access klu internet connectionya dri router yg lain ?

    ReplyDelete
  5. permisi mau tanya ....
    saya pengennya gini ,,
    semua drive yang ada di komputer saya supaya bisa di aksess public..
    gimana caranya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pake aplikasi web berbagi file, yg opensource ada kayaknya :)

      Delete
    2. mungkin anda bisa mempostingkannya tentang cara bagaimana folder sharing access via browser atau IP public. dan kasih tau saya via email ... :D

      Delete
    3. gampangnya.. copas aja folder yg mau dishare ke direktori "htdocs" pada xampp.. tinggal akses aja folder tersebut, mis : ip.publik/folderkita. :)

      Delete
    4. terimakasih banyak...
      sudah berhasil, tapi saya menggunakan Software CCfile.
      mungkin yang di maksud agan juga menggunakan itu .. :)
      okk dehh trimakasih atas bantuannya

      Delete
  6. Kendala Membuat Server sendiri adalah
    1.Minimnya Pengetahuan dunia server dan Ke amanan dari Hacker
    2.Modal yg harus di keluarkan, dan Biaya Perbulannya Internet dan Listrik
    Okelah Buat belajar, :-) Tabi buat kalian yg ingin Punya Hosting dan website cuman 50ribu http://goo.gl/FZmKB4

    ReplyDelete
  7. Best web hosting companies. Reviews, rates, statistics of top hosting companies.
    Find best hosting company at HostingCompaniesz.com

    ReplyDelete
  8. Terima kasih informasinya. Kunjungin balik ya http://www.tamahost.com

    ReplyDelete
  9. Terima kasih banyak informasinya mas sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. thx infonya buat nambah-2 ilmu...minta info donk kalo hosting berbayar + layanan website yg terpercaya & bagus apa ya?? mks sebelumnya, salam kenal buat sahabat indonesia
    www.adirondackchairs1.com

    ReplyDelete
  12. kok ane kalo akses ip publiknya, malah masuk ke modem?bukan ke web ane?

    ReplyDelete

 
Toggle Footer