Breaking News
Loading...
Sunday, April 13, 2014

Langkah terampuh membasmi virus dan malware di windows, 100% berhasil !!

9:35 AM
kemarin ada teman saya minta bantuan untuk memperbaiki laptopnya yang Sistem Operasi Windowsnya rusak tidak bekerja secara normal, katanya sih terinpfeksi virus dan sudah di install ulang beberapa kali dan juga pernah di bawah ke tempat servis di toko komputer tapi hasilnya tetap aja tidak seperti yang diharapkan, windowsnya masih juga terinfeksi virus.. hehe..

Sebetulnya, kalo menurut saya tukang servis yg ada di toko komputer pasti bisa nyelesaikannya, cuma terkadang malas aja mereka karena perbaikan windows karena virus bisa memakan tenaga dan waktu yang lama dibandingkan hanya install ulang, kenapa ?..  yah, itu hanya karena BIAYA install ulang lebih MAHAL ataupun sama dibandingkan membersihkan virus yang memakan tenaga dan waktu lama dan biayanya lebih murah, jd karena alasan itu saja mereka teknisi toko malas ngerjainnya, karena kejar target.. hahaha



oke sobat ini tips dari saya agar sobat bisa ngerjain sendiri dalam memperbaiki windows yang terinfeksi virus ataupun malware, ikutin langkah-langkah nya yang hampir 100% berhasil :)
1). lihat dulu gejala kerusakan Windowsnya, apakah masih bisa jalan atau tidak ?, masih bisa menjalankan program setup hingga selesai atau tidak ?
1.a) bila Windows tidak bisa jalan lagi, berarti sobat harus Install Ulang Windows dulu (pilih Clean Intall : format Drive C terlebih dahulu) hingga selesai.
1.b) bila install selesai, jangan dibuka dulu drive D dan drive data lainnya (biasanya virus/malware ngeroot atau bersarang disitu)... selanjutnya ikutin langkah 2.a  

2.) Bila gejalanya Windows bisa berjalan hingga selesai dan bisa menjalankan program setup, berarti bisa ikutin langkah dibawah ini
2.a) Install Antivirus yang terbaru/terupdate dari Flashdisk yang BERSIH, bisa Avast, Avira atau Antivirus lainnya, saran saya gunakan saja Avast yg terbaru, kenapa saya sarankan Avast?, karena avast bukan hanya bagus, tp juga mampu membersihkan virus/malware dalam mode Stand Alone / bekerja sendiri untuk scan virus sebelum Windows berjalan , yang memungkinkan bisa membasmi Virus / malware dalam keadaan tidak aktif/tidur, jadi bisa bersih total.
>> Pilih mode scan : Boot-time Scan - Restart Komputer - biarkan Avast men-Scan virus sobat hingga selesai, bila ada terdeteksi, pilih Repair Automatically/Fix Automatically, press nomor 2.
download free Avast disini
 
2b) Install Antimalware Malwarebytes (Update malwarebytes terlebih dahulu bila terkoneksi keinternet), Malwarebytes sangat bagus membersihkan malware/program jahat yg mengendalikan sistem windows, Malwarebytes juga mampu membersihkan malware yg tidak terdeteksi oleh antivirus Avast atau antivirus manapun dalam keadaan sebelum windows berjalan, sehingga betul-betul bersih total.
>> Pilih mode Scan : Full Scan - Pilih semua drive (C: dan D:) - Scan hingga selesai - bila terdeteksi ada malware - klik Result - Ceklist semua malware yang terdeteksi - Klik Remove - Pilih Restart - maka Malwarebytes akan membersihkan malware yg terdeteksi dalam keadaan sebelum windows berjalan, jadi bersih total.
download free Malwarebytes disini

3.  Bila sudah discan oleh avast dan malwarebytes, biasanya komputer 100% sudah bersih dari virus dan malware, tinggal kita lihat.. bila windows sudah bisa berjalan normal dan bisa membuka program aplikasi lainnya secara normal, berarti kasus sobat sudah selesai.. Selamat sob ! :)
namun bila tidak bisa berjalan normal berarti file sistem sudah ada yang rusak dan tidak bisa diperbaiki akibat terinfeksi oleh virus/malware yg sudah dihapus tadi. jadi sebaiknya sobat Install Ulang Program yang rusak / Windows sobat - Install Antivirus - Selesai.. :) (bila sobat mulai dari langkah 2, balik dari langkah 1 menyempurnakan bila windows rusak)

**Catatan : Biasanya virus/malware tidak bisa dihapus bersih dikarenakan virus tersebut sedang running/bekerja, makanya harus dibersihkan dalam mode Sebelum Windows berjalan, itu hanya bisa dilakukan oleh Avast dan Malwarebytes.

dan akhirnya laptop teman sayapun sudah kembali normal, dan kini giliran sobat utk mempraktekannya sendiri... ok sobat, semoga bermanfaat, Keep spirit & keep smile :)

2 komentar :

 
Toggle Footer