Breaking News
Loading...
Thursday, September 8, 2016

Kenapa Cakram Motor Depan Letaknya Ada Kanan dan Kiri??


Rem cakram adalah perangkat pengereman yang digunakan pada kendaraan modern. 
Rem ini bekerja dengan menjepit cakram yang biasanya dipasangkan pada roda kendaraan, untuk menjepit cakram digunakan caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram. Rem jenis ini juga digunakan pada kereta api, sepeda motor, sepeda. Pada mobil balap bahan yang digunakan biasanya dari keramik agar lebih tahan terhadap panas yang ditimbulkan selama proses pengereman.

Rem Cakram (Disk Brake). Rem Cakram adalah rem yang bekerja atas dasar menjepit cakram (disk) yang dipasangkan pada roda kendaraan, pengereman untuk menjepit cakram digunakan caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram. 

PIRINGAN CAKRAM SENDIRI DI BAGI 2 JENIS TIPENYA

CAKRAM FLOATING

Kenapa Cakram Motor Depan Ada Kanan dan Kiri, Kenali Juga Jenisnya Disini

Maksud dari floating atau ‘mengambang’ dari cakram ini adalah adanya sedikit sela antara rotor carrier dan brake rotor yang dihubungkan oleh float button. Jadi bagian tepi dari cakram floating dapat bergeser sedikit. Tidak seperti cakram biasa yang terbuat dari baja dan kaku. Lalu apakah aman jika cakram kita dapat bergeser-geser seperti itu? Tentu saja aman. karena cakram bergerak beraturan dan tidak mungkin terlepas dari kaliper.

Kenapa Cakram Motor Depan Ada Kanan dan Kiri, Kenali Juga Jenisnya Disini

KELEBIHAN CAKRAM FLOATING
Pengereman lebih pakem. Cakram tidak cepat bengkok. Floating bertujuan agar panas yang dihasilkan oleh gesekan kampas tidak membuat besi atau almunium memuai. Jadi tetap aman. Suhu cakram terjaga sehingga rem tetap pakem dan baik digunakan untuk perjalanan jauh dan memakan waktu lama atau untuk balapan alias roadrace.

Baca Juga :
Ini Sparepart TVS yang bisa digunakan dari Persamaan Motor Lain (Jepang)

Dipasaran kita cukup mudah mendapatkan disc brake floating dengan harga antara 200 ribu sampai 400 ribu untuk motor bebek. Tertunya tergantung bahan yang digunakan. Pilih besi atau cnc alias almunium. Disc brake dengan bahan cnc lebih mahal dibandingkan berbahan besi. Cakram bertipe floating dianjurkan untuk menggunakan kaliper khusus, yaitu kaliper radial. Karena fungsi floating akan terasa lebih maksimal ketika dilakukan pengereman.

KEKURANGAN CAKRAM FLOATING
Harganya mahal. Untuk hasil lebih maksimal cakram floating dianjurkan untuk dikolaborasikan dengan kaliper tipe radial. Cakram floating menimbulkan bunyi berisik. Hal ini dikarenakan cakram memilki sela.

========================================================================

CAKRAM 'NON' FLOATING

Kenapa Cakram Motor Depan Ada Kanan dan Kiri, Kenali Juga Jenisnya Disini

Sedangkan cakram non floating atau cakram biasa memiliki desain datar. Antara sisi cakram yang bergesekan dengan kampas dan bagian dalam menyatu. Sehingga terlihat kaku. Cakram tipe ini masih banyak diaplikasikan untuk motor berkapasitas kecil sampai 250 cc. Karena tipe cakram konvensional atau cakram biasa sudah cukup maksimal untuk hal pengereman.


KELEBIHAN CAKRAM 'NON' FLOATING

Harga terjangkau. Mudah ditemukan. Tidak berisik

KEKURANGAN CAKRAM 'NON' FLOATING

Cakram cepat panas. Cakram cepat bengkok.

========================================================================

PERBEDAAN CAKRAM FLOATING DAN NON FLOATING

Cakram tipe konvensional sangat cocok dengan kaliper tipe axial. Kaliper axial yaitu kaliper yang sering kita temui sehari hari pada motor kita. Harga cakram tipe konvensional juga terjangkau, mulai dari 100 ribu sampai 200 ribu.

Kenapa Cakram Motor Depan Ada Kanan dan Kiri, Kenali Juga Jenisnya Disini

Oke, Lalu Kenapa Posisi Rem Cakram Tiap Tipe Motor 
Ada Yang Di Kanan Dan Ada Yang Dikiri?
Ini jawabannya!

Coba kita perhatikan motor ente atau teman ente, sejajarkan keduanya, tentunya dengan beda merek. 
Beda merek biasanya beda pula posisi letak rem cakramnya, apakah ini sifatnya hanya untuk keren - kerenan? atau untuk pembeda kalau cakram di kanan itu motor merek 'H' lalu yang kiri merek 'Y'? Ternyata bukan itu alasannya. Alasan yang lebih tepat kenapa rem cakram beda peletakknya adalah selain untuk 'pembeda dan estetika' tujuan utamanya adalah agar fungsi rem itu sendiri mampu bekerja dengan maksimal dan menyeimbangkan body motor. 

Lalu, apakah rem cakram yang di kanan lebih baik atau lebih pakem dalam pengereman? 
Tidak juga, beda tipe motor dan karakter beda juga penempatan rem cakramnya. Lalu kenapa motor sama-sama matic, misalnya, kan setipe dan karakter posisi rem cakram kenapa beda posisi? 

Jawabannya adalah perhitungan secara teknik itu bukan atas dasar posisi penempatan rotor/disk cakram aja, 
tapi diameter dari rotor juga jadi penentu kekuatan tekanan pengereman berdasarkan bobot dan jenis motornya. Contohnya aja semua motor produk 'Y" dari dulu posisi rem cakramnya disebelah kanan, gak pernah disebelah kiri. Ini semata-mata hanya masalah desain aja. Kalau emang dari sisi teknik ada efeknya, tentu yang pakai rem cakram kiri akan mendapat efek pengereman yang lebih baik atau lebih buruk dibanding motor yang rem cakramnya dikanan. Kalau dihitung berdasarkan bobot yang seimbang, gak tepat juga. Karena sejatinya motor itu harus selalu stabil/seimbang karena adanya efek giroskopik, kalau tidak stabil tentu akan oleng bila melaju atau melambat akibat pengereman. Dan ditambah lagi berat knalpot, hal ini membuat motor lebih berat ke kanan, untuk mengurangi berat kekanan inilah maka cakram depan dipasang di kiri, walaupun gak seberapa beratnya tapi membantu dalam keseimbangan motor. 





DAN KESIMPULANNYA ADALAH

Posisi rem cakram motor ada di kanan atau kiri , itu mengikuti keseimbangan motor.Di tinjau dari lebih berat sisi mana, jika bobot motor berat di kanan maka cakram biasanya diletakkan di sebelah kiri, penggerak rantai ada di kiri maka posisi cakram ada di kanan, menghindari goyang pantat motor juga. Dan itu semuanya udah di perhitungkan dengan detail oleh pabrikan untuk keseimbangan, kenyaman, dan keselamatan dalam berkendara.

0 komentar :

Post a Comment

 
Toggle Footer